TUGAS
WORKSHOP/MEDIA PEMBELAJARAN
RENCANA MEDIA PEMBELAJARAN
Dosen Pengampu :
Drs. Sardulo Gembong, M.Pd.
Oleh :
1.
Kartika
Wahyu F ( 11.411.043 )
2.
Feriyainuh ( 11.411.046 )
3.
Tinuk
Esti H ( 11.411.047 )
4.
Dwi
Andini ( 11.411.052 )
5.
Rinta
Emi A ( 11.411.065 )
6.
Rinti
Astuti ( 11.411.066 )
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA
FAKULTAS PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN ILMU
PENGETAHUAN ALAM
IKIP PGRI MADIUN
2014
MEDIA PEMBELAJARAN
Nama Media : Jam Sudut Dan Pecahan
Siswa / Kelas : SD / 3
Desain :
Bahan :
Ø 4 lembar triplek ukuran 50
cm x 50 cm.
Ø Cat (merah, hijau, kuning, biru)
Ø Paku baut panjang (untuk
putaran jam)
Ø 1 lembar sterofom
|
Keterangan :
1.
Panjang persegi panjang 60 cm.
2.
Lebar persegi panjang 50 cm.
3.
Diameter lingkaran besar 40 cm.
4.
Diameter lingkaran kecil 30 cm.
5.
Juring lingkaran kecil 2,5 cm.
SKENARIO PEMBELAJARAN
BAB I
PENDAHULUAN
Beberapa orang berpendapat bahwa matematika adalah
pelajaran yang sangat sulit, membingungkan dan membosankan. Tetapi perlu
disadari bahwa dibalik masalah itu matematika adalah induk dari segala ilmu.
Bahkan tanpa disadari pada kehidupan sehari-hari kita selalu dihadapkan banyak
hal yang berkaitan dengan matematika. Pendapat dan kesulitan inilah yang sejak
awal harus diatasi. Jika tidak hal ini akan terus menjadi momok para siswa saat
belajar matematika, lalu bagaimana cara kita mengatasinya? Disinilah peran para
pengajar yang harus dapat mengubah pendapat-pendapat yang tidak benar,
bagaimana caranya? Hal yang dapat dilakukan oleh seorang pengajar adalah dengan
membuat beberapa media belajar yang menyenangkan dan menarik siswa untuk mau
mencobanya. Media ini dapat berfungsi sebagi alat bantu seorang guru untuk
mengajar dan alat bantu siswa dalam memahami konsep pelajaran yang disampaikan
oleh guru. Media pembelajaran yang dimaksud adalah benda kongkrit, sehingga
siswa dapat melihat benda secara langsung sesuai pelajaran yang disampaikan
oleh guru. Dengan demikian diharapkan siswa mampu memahami pelajaran yang
disampaikan oleh guru bukan karena hafalan tetapi karena pengalaman yang diperoleh siswa dari
pembelajaran yang berlangsung.
BAB II
KONSEP MEDIA PEMBELAJARAN
Jam penunjuk besar suatu sudut dan pecahan :
Media ini digunakan untuk siswa kelas 3 SD, diharapkan dengan menggunakan
media ini dalam pelajaran siswa dapat memahami macam-macam sudut, ukuran sudut,
cara menggambar suatu sudut, dapat memahami bentuk pecahan, dan cara menggambar
pecahan.
Bahasan : macam-macam
sudut, ukuran sudut, cara menggambar suatu
sudut, pecahan, dan cara menggambar pecahan.
Tujuan : meningkatkan
pemahaman dan ketrampilan siswa pada materi jam, sudut,dan pecaan.
BAB III
SKENARIO PEMBELAJARAN
Media ini digunakan guru dalam menjelaskan macam-macam
sudut, besarnya sudut istimewa, cara melukis suatu sudut, dan pecahan yang
dibentuk. Hal ini dilakukan dengan memberikan penjelasan terlebih dahulu kepada
siswa dan mengkaitkanny dengan sudut dan pecahan terhadap kehidupan
sehari-hari. Dalam hal ini penulis mengkaitkan pelajaran sudut dan pecahan
tersebut dengan jam dinding.
Langkah-langkah pembelajaran :
1.
Guru
memberikan model jam yang terbuat dari triplek kepada siswa, dimana jam
tersebut terdiri dari 3 lingkaran yang terdiri dari satu lingkaran kecil dan 2
lebih besar, (besarnya sama) dimana pada lingkaran kecil terdiri dari
angka-angka yang terdapat di jam, dan mempunyai 4 warna yang berbeda
menunjukkan besar sudut
. Lingkaran besar lembar pertama hanya sebagai alas yang
diberi satu lubang untuk melihat besar sudut dan pecahan apabila jarum tersebut
diputar, pada lembar ketiga besar triplek sama dengan besar triplek yang kedua
tetapi dilembar ketiga ini berisikan angka-angka dari besar sudut dan pecahan.
2.
Guru
menjelaskan dengan media, macam-macam sudut/pecahan dengan cara memutar jarum
jam.
3.
Setelah itu
guru menjelaskan jenis-jenis sudut atau besar pecahan yang terbentuk dari
putaran jarum jam tersebut.
4.
Setelah
menjelaskan jenis-jenis dan besar sudut atau besar suatu pecahan, guru
memberikan penjelasan cara melukis sudut yang benar.
5.
Guru
memberikan gambaran-gambaran sudut dan angka-angka pecahan kepada siswa, dan
siswa menentukan nama sudut sesuai
dengan putaran jarum jam yang telah dijelaskan sebelumnya. Jika siswa belum
paham, siswa dapat memutar jarum jam yang telah disediakan,kemudian digambarkan lagi.
BAB IV
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
1.
Berapakah
besar sudut, dan pecahan berapakah yang dibentuk dari pukul 12.15 ?
Langkah – langkah
penyelesaian
·
guru
menunjuk jam besar sebagai medianya
·
guru
meletakkan jarum pendek diangka 12 dan jarum panjang diangka 03
·
guru
menjelaskan sudut yang terbentuk dan berapakah besar pecahan dari jarum jam
antara jarum pendek dengan jarum panjang.
·
Guru
menggambarkan sudut yang terbentuk, berupa sudut siku-siku , karena yang
terbentuk adalah sudut siku-siku jelas bahwa sudut yang terbentuk adalah
2.
Jika jarum
pendek menunjukkan angka 02 dan angka panjang menunjukkan angka o4, berapa
besar sudut yang terbentuk, apa nama sudut itu, dan berapakah pecahan yang
dapat kita ketahui?
3.
Jika jarum
pendek menunjukkan diangka 06 dan jarum panjang diangka 11 berapa besarkah
sudut yang terbentuk dan apa nama sudut tersebut ?
Madiun , 03 Juli 2014
Dosen Pengampu,
Drs. Gembong
Sardulo, M.Pd
|
0 komentar:
Posting Komentar