About

Senin, 14 Juli 2014

Media Pembelajaran "Jam Sudut dan Pecahan"

TUGAS
WORKSHOP/MEDIA PEMBELAJARAN
RENCANA MEDIA PEMBELAJARAN

Dosen Pengampu :
Drs. Sardulo Gembong, M.Pd.


Oleh :
1.        Kartika Wahyu F ( 11.411.043 )
2.        Feriyainuh              ( 11.411.046 )
3.        Tinuk Esti H          ( 11.411.047 )
4.        Dwi Andini             ( 11.411.052 )
5.        Rinta Emi A           ( 11.411.065 )
6.        Rinti Astuti            ( 11.411.066 )

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA
FAKULTAS PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
IKIP PGRI MADIUN
2014


MEDIA PEMBELAJARAN


Nama Media   : Jam Sudut Dan Pecahan
Siswa / Kelas   : SD / 3
Desain             :                        

Bahan :
Ø  4 lembar triplek ukuran 50 cm x 50 cm.
Ø  Cat  (merah, hijau, kuning, biru)
Ø  Paku baut panjang (untuk putaran jam)
Ø  1 lembar sterofom

Keterangan :
1.   Panjang persegi panjang 60 cm.
2.   Lebar persegi panjang 50 cm.
3.   Diameter lingkaran besar 40 cm.
4.   Diameter lingkaran kecil 30 cm.
5.   Juring lingkaran kecil 2,5 cm.




SKENARIO PEMBELAJARAN

BAB I
PENDAHULUAN
Beberapa orang berpendapat bahwa matematika adalah pelajaran yang sangat sulit, membingungkan dan membosankan. Tetapi perlu disadari bahwa dibalik masalah itu matematika adalah induk dari segala ilmu. Bahkan tanpa disadari pada kehidupan sehari-hari kita selalu dihadapkan banyak hal yang berkaitan dengan matematika. Pendapat dan kesulitan inilah yang sejak awal harus diatasi. Jika tidak hal ini akan terus menjadi momok para siswa saat belajar matematika, lalu bagaimana cara kita mengatasinya? Disinilah peran para pengajar yang harus dapat mengubah pendapat-pendapat yang tidak benar, bagaimana caranya? Hal yang dapat dilakukan oleh seorang pengajar adalah dengan membuat beberapa media belajar yang menyenangkan dan menarik siswa untuk mau mencobanya. Media ini dapat berfungsi sebagi alat bantu seorang guru untuk mengajar dan alat bantu siswa dalam memahami konsep pelajaran yang disampaikan oleh guru. Media pembelajaran yang dimaksud adalah benda kongkrit, sehingga siswa dapat melihat benda secara langsung sesuai pelajaran yang disampaikan oleh guru. Dengan demikian diharapkan siswa mampu memahami pelajaran yang disampaikan oleh guru bukan karena hafalan tetapi karena  pengalaman yang diperoleh siswa dari pembelajaran yang berlangsung.






BAB II
KONSEP MEDIA PEMBELAJARAN

Jam penunjuk besar suatu sudut dan pecahan :
Media ini digunakan untuk siswa kelas 3 SD, diharapkan dengan menggunakan media ini dalam pelajaran siswa dapat memahami macam-macam sudut, ukuran sudut, cara menggambar suatu sudut, dapat memahami bentuk pecahan, dan cara menggambar pecahan.
Bahasan   : macam-macam sudut, ukuran sudut, cara menggambar  suatu sudut, pecahan, dan cara menggambar pecahan.
Tujuan      : meningkatkan pemahaman dan ketrampilan siswa pada materi jam, sudut,dan pecaan.












BAB III
SKENARIO PEMBELAJARAN
Media ini digunakan guru dalam menjelaskan macam-macam sudut, besarnya sudut istimewa, cara melukis suatu sudut, dan pecahan yang dibentuk. Hal ini dilakukan dengan memberikan penjelasan terlebih dahulu kepada siswa dan mengkaitkanny dengan sudut dan pecahan terhadap kehidupan sehari-hari. Dalam hal ini penulis mengkaitkan pelajaran sudut dan pecahan tersebut dengan jam dinding.
Langkah-langkah pembelajaran :
1.        Guru memberikan model jam yang terbuat dari triplek kepada siswa, dimana jam tersebut terdiri dari 3 lingkaran yang terdiri dari satu lingkaran kecil dan 2 lebih besar, (besarnya sama) dimana pada lingkaran kecil terdiri dari angka-angka yang terdapat di jam, dan mempunyai 4 warna yang berbeda menunjukkan besar sudut . Lingkaran besar lembar pertama hanya sebagai alas yang diberi satu lubang untuk melihat besar sudut dan pecahan apabila jarum tersebut diputar, pada lembar ketiga besar triplek sama dengan besar triplek yang kedua tetapi dilembar ketiga ini berisikan angka-angka dari besar sudut dan pecahan.
2.        Guru menjelaskan dengan media, macam-macam sudut/pecahan dengan cara memutar jarum jam.
3.        Setelah itu guru menjelaskan jenis-jenis sudut atau besar pecahan yang terbentuk dari putaran jarum jam tersebut.
4.        Setelah menjelaskan jenis-jenis dan besar sudut atau besar suatu pecahan, guru memberikan penjelasan cara melukis sudut yang benar.
5.        Guru memberikan gambaran-gambaran sudut dan angka-angka pecahan kepada siswa, dan siswa menentukan nama sudut  sesuai dengan putaran jarum jam yang telah dijelaskan sebelumnya. Jika siswa belum paham, siswa dapat memutar jarum jam yang telah disediakan,kemudian  digambarkan lagi.


BAB IV

Lembar Kerja Siswa (LKS)
1.             Berapakah besar sudut, dan pecahan berapakah yang dibentuk dari pukul 12.15 ?
Langkah – langkah penyelesaian
·           guru menunjuk jam besar sebagai medianya
·           guru meletakkan jarum pendek diangka 12 dan jarum panjang diangka 03
·           guru menjelaskan sudut yang terbentuk dan berapakah besar pecahan dari jarum jam antara jarum pendek dengan jarum panjang.
·           Guru menggambarkan sudut yang terbentuk, berupa sudut siku-siku , karena yang terbentuk adalah sudut siku-siku jelas bahwa sudut yang terbentuk adalah  
2.             Jika jarum pendek menunjukkan angka 02 dan angka panjang menunjukkan angka o4, berapa besar sudut yang terbentuk, apa nama sudut itu, dan berapakah pecahan yang dapat kita ketahui?
3.             Jika jarum pendek menunjukkan diangka 06 dan jarum panjang diangka 11 berapa besarkah sudut yang terbentuk dan apa nama sudut tersebut ?




           Madiun , 03 Juli 2014
Dosen Pengampu,


Drs. Gembong Sardulo, M.Pd



 

0 komentar:

Posting Komentar